Double Xp Artinya
Kenalan dengan Extreme Programming
Extreme Programming (XP) merupakan metodologi yang berfokus kepada penerapan teknik pemrograman yang excellence, komunikasi yang jelas, dan kerja sama yang baik. Selain technical excellence, kita melihat bahwa XP juga fokus kepada aspek sosial dalam pengembangan software, yaitu komunikasi dan kerja sama. Komunikasi dan kerja sama yang baik akan membantu tim untuk memiliki produktivitas yang tinggi dan lingkungan yang kondusif dalam membangun software.
Menggunakan XP, tim akan mengembangkan software dalam siklus yang singkat, dikenal dengan istilah iterasi. Sebagai contoh, satu iterasi dapat memiliki durasi 2 minggu atau 1 bulan. Dalam iterasi tersebut, tim akan menghasilkan fitur (atau potongan fitur) dengan prioritas tinggi dan memperoleh feedback yang dibutuhkan. Feedback akhirnya didapatkan lebih cepat dan lebih awal untuk membuat software lebih baik.
Pendekatan perencanaan yang digunakan XP dalam membangun software termasuk pendekatan incremental. Artinya rencana pengembangan dapat berubah secara adaptif sesuai situasi pengembangan software dalam proyek. Perubahan ini diakomodasi untuk menjawab kebutuhan bisnis yang berkembang melalui iterasi dan penyesuaian jadwal implementasi fitur dalam rencana pengembangan.
Sebagai metodologi, XP memiliki sekumpulan praktik (practices) dan nilai (values) untuk mencapai technical excellence. Kita akan membahas lebih detail praktik utama dan nilai dalam XP.
Memeriksa pencapaian dan XP
Anda dapat memperoleh pencapaian dan poin pengalaman (XP) yang menandai prestasi Anda dalam sebuah game.
Saat Anda memperoleh XP yang cukup, Anda dapat menaikkan level profil Play Game.
Tips for Scoring a Double Double or Triple Double
Do you want to increase your odds of scoring a double double or triple double the next time you hit the court? To get there, it’s important to be as versatile and multi-skilled as possible.
If you’re a single-facet player, you’ll naturally have fewer opportunities to impact the game. Instead of laser-focusing on one skill, such as shooting, look to become as useful in the paint as possible.
For instance, expert shooters should spend some time learning how to properly dribble and pass. If you’re used to landing all the rebounds, start fine-tuning your scoring techniques. The wider your breadth of skill and knowledge becomes, the more game time you’ll see from your coaches and the easier it will be to build your stats.
Melihat level dan profil pemain
Di papan peringkat, pilih pemain untuk melihat profilnya di Play Game. Di profil ini, Anda dapat melihat:
Komunikasi (communication)
Ini merupakan nilai yang penting dalam pengembangan. Software dibangun oleh tim yang terdiri dari banyak individu. Masing-masing individu memiliki pengalaman, kemampuan, dan latar belakang yang berbeda-beda. Komunikasi yang baik akan membangun kerja sama yang solid di antara mereka. Komunikasi juga akan mempererat hubungan antara tim dengan klien dan pengguna. Banyak masalah dalam pengembangan yang mampu diselesaikan melalui komunikasi yang terjalin baik.
Prolific Players to Know
Are you inspired to go for a double double or a triple double at your next game? Take a look at some of the greatest in the game for inspiration!
Membandingkan skor di papan peringkat
Jika profil gamer Anda disetel ke publik, Anda dapat membandingkan skor Anda dengan skor gamer lain. Pelajari cara menyetel Profil gamer ke publik.
Keberanian (courage)
Ada banyak isu yang niscaya dihadapi tim dalam pengembangan. Nilai keberanian akan membantu tim untuk mengkomunikasikan isu yang ada ke internal tim, manajemen perusahaan, atau klien. Hal ini juga berarti mengambil keputusan terbaik pada situasi tersebut untuk menyelesaikan isu yang muncul.
Sebagai contoh, di tengah pengembangan proyek, tim menerima feedback yang tampaknya sederhana menurut klien, namun hal ini membutuhkan usaha atau effort yang besar untuk mengakomodasi feedback tersebut. Pada situasi ini, tim akan berani mengkomunikasikan effort dan batasan yang ada ke klien sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik untuk kesuksesan bersama.
Informative Workspace
Ruang kerja tim sebaiknya memaparkan pekerjaan dan statusnya. Tim dapat melihat perkembangan pekerjaan sehari-hari dengan mudah. Informasi status pekerjaan dapat dilihat dengan mudah oleh siapapun, termasuk orang di luar tim. Papan tersebut menggambarkan kemajuan pengambangan. Informasi yang ditampilkan papan tersebut up-to-date karena selalu diperbarui oleh tim.
Umumnya praktik informative workspace ini diterapkan menggunakan papan (board) atau dinding (wall). Tim akan menaruh apa yang mereka kerjakan dalam suatu papan, baik papan fisik maupun virtual. Papan tersebut memuat pekerjaan yang siap dikerjakan, sedang dikerjakan, dan selesai. Setiap pekerjaan memiliki penanggung jawab dan anggota yang terlibat. Jika ada hambatan dalam pengembangan, informasi hambatan tersebut dan status penyelesaiannya juga terlihat.
Pernah mencoba memrogram ditemani seorang rekan developer? Practice bernama pair programming ini diyakini akan membuat aktivitas programming lebih produktif. Satu orang membuat kode, satu lainnya memperhatikan dan meninjau kode yang dibuat dan memberikan feedback. Review kode dilakukan secara “extreme” karena berlangsung secara realtime saat penulisan kode. Saat pair programming terjadi, diskusi dan komunikasi terjadi secara intens. Feedback didapatkan secara instan, sistem dibuat lebih sederhana berdasarkan feedback dan diskusi.
Kita juga dapat melihatnya dari perspektif knowledge. Saat pair programming, terjadi pertukaran ide sekaligus pengetahuan. Seseorang yang lebih berpengalaman atau yang mengetahui best practice dalam pemrograman akan berbagi apa yang diketahuinya kepada rekan pair programming-nya. Akhirnya kapasitas satu sama lain akan meningkat.
Dalam XP, User Story adalah practice untuk menulis requirements dalam format yang sederhana. User Story adalah deskripsi singkat tentang requirements dari perspektif pengguna. User Story membantu tim untuk memiliki requirements yang rapi, terstruktur, dan detail namun dengan usaha yang minimal. Karena ditulis dari perspektif bisnis bukan teknis, User Story seharusnya dipahami dengan mudah oleh klien.
Format yang digunakan dalam User Story adalah sebagai berikut:
Sebagai
Contoh User Story adalah sebagai berikut:
Sebagai pemilik bisnis, saya ingin memantau transaksi yang dicatat oleh staf sales saya sehingga saya dapat mengetahui penjualan harian atau bulanan
Kesederhanaan dalam menulis requirement menggunakan User Story membantu tim untuk lebih fokus dalam membangun percakapan (conversation) dan memahami kebutuhan klien maupun pengguna. Fokus tim digeser dari menulis requirements ke diskusi requirements. Akhirnya kebutuhan pengguna dapat dieksplorasi lebih dalam sehingga solusi yang dibangun benar-benar menjawab kebutuhan.
Dalam Weekly Cycle, tim merencanakan pekerjaan dalam siklus yang singkat, yaitu seminggu sekali. Di awal minggu, tim bertemu untuk merencanakan Story apa yang akan mereka selesaikan dalam satu minggu kedepan. Di sesi perencanaan tersebut, mereka juga meninjau Story apa saja yang mereka selesaikan di minggu sebelumnya. Di akhir minggu, fitur atau fungsi (meskipun cakupannya kecil) dari software yang dikembangkan siap dirilis.
Tim merencanakan pengembangan software dalam siklus kuartal atau tiga bulan sekali. Rencana kuartal ini memberikan gambaran dan goal yang lebih besar dalam pengembangan. Rencana kuartal ini umumnya dikenal dengan roadmap. Dalam rencana kuartal, umumnya ada tema kuartal yang digunakan.
Dalam proyek, siklus kuartal digunakan untuk me-review kemajuan proyek, termasuk apa yang sudah diselesaikan, apa yang belum, dan hambatan apa yang dihadapi. Dari hasil review, adaptasi dilakukan dengan menyusun rencana perbaikan dan memperbarui rencana pengembangan.
Praktik Utama dalam XP
Praktik merupakan hal yang dilakukan. Dalam XP, praktik yang membantu meningkatkan kualitas software dilakukan oleh tim, tidak hanya dilakukan di level biasa namun dilakukan di level yang “extreme”. Beberapa praktik utama yang umum dilakukan dalam XP adalah sebagai berikut:
Dalam membangun software, bekerja di ruangan yang sama merupakan cara yang efektif. Komunikasi terjadi secara instan. Hambatan bisa dikomunikasikan dengan cepat. Terjadi percakapan dan interaksi yang menyenangkan. Inilah praktik yang dinamakan Sit Together atau Duduk Bersama.
Bayangkan suatu skenario dimana anggota tim bekerja di tempat yang terpisah padahal berada di satu gedung yang sama. Skenario lainnya adalah anggota tim bekerja dalam satu ruangan yang sama. Kita bisa membayangkan komunikasi dan diskusi pada tim yang bekerja dalam satu ruangan yang sama lebih baik, mengalir, dan effortless.
Praktik ini mendorong agar tim untuk memiliki peran-peran yang utuh yang dibutuhkan untuk kesuksesan proyek. Istilah lainnya adalah tim yang lintas peran (cross functional). Jika sistem yang dibangun membutuhkan Database Expert, tim perlu memiliki peran tersebut. Jika proyek membutuhkan analisis data, peran Data Analyst atau Data Engineer perlu hadir dalam tim.
Praktik ini juga menekankan agar peran-peran tersebut bekerja sebagai tim. Mereka bekerja dalam satu tujuan yang sama untuk kesuksesan proyek. Mereka mendukung satu sama lain dalam kerjaan dan pembelajaran bersama.